Tempat-Tempat Wisata di Aceh

Wisata Aceh Yang Wajib Dikunjungi

Tahukah sobat, Aceh merupakan provinsi terbarat dari Indonesia. Daerah yang identik dengan syariah Islam ini selain memiliki nilai sejarah dan rasa kopi yang khas ini juga menyimpan objek-objek wisata surgawi..
Berikut adalah tempat-tempat wisata yang wajib sobat kunjungi apabila sobat berkunjung ke negeri syariah islam Aceh :))

1. Masjid Raya Baiturrahman

Mesjid Raya Baiturrahman
masjid Raya Baiturrahman
Apabila sobat berkunjung ke kota Banda Aceh, destinasi paling utama yang harus sobat kunjungi adalah Masjid Raya Baiturrahman, selain sebagai ikon dan simbol dari Provinsi Aceh, masjid ini juga merupakan bangunan yang menjadi saksi dari banyak sejarah yang terjadi di Aceh mulai dari perlawanan perang Aceh hingga kejadian Tsunami yang terjadi di Desember 2004 silam. Masjid yang dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda ini terletak di jantung kota Banda Aceh tepatnya di jalan Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya, baik untuk beribadah maupun untuk berwisata. Bangunan dari masjid Raya Baiturrahman sendiri memiliki luas sekitar 3,3 Hektar, yang terdiri dari 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk serta dapat menampung sekitar 10.000 jamaah loh sobat.

Kenapa harus kesini?

Selain merupakan maskot dari kota Banda Aceh, masjid ini juga memiliki keindahan yang dapat membuat sobat terpana, apabila sobat masuk ke dalam ruangan masjid ataupun melakukan sholat akan sangat terasa suasana religi dan keindahan arsitektur bagian dalam masjid yang menambah ke khusyukan.
Wisata Aceh Yang Wajib Dikunjungi
Bagian Dalam Masjid Raya Baiturrahman
Di bagian halaman masjid juga terdapat hamparan rumput dan pepohan yang tertata dengan rapi, selain itu di bagian depan masjid  juga terdapat kolam air mancur. Bangunan dari masjid Raya Baiturrahman sendiri memiliki luas sekitar 3,3 Hektar, yang terdiri dari 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk serta dapat menampung sekitar 10.000 jamaah loh sobat.

Bagaimana cara kesini?

Untuk kesini sobat dapat langsung menuju ke jalan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.  Kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi dan apabila sobat menggunakan angkutan umum seperti bus tidak usah khawatir karena setiap angkutan umum di wilayah kota Banda Aceh jalurnya melewati wilayah masjid Raya Baiturrahman.

2. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue merupakan pantai sekaligus pelabuhan di kota Banda Aceh, atau pelabuhan penyeberangan bagi penumpang yang ingin ke kota Sabang. Namun, selain tempat pelabuhan pantai ini cukup banyak menarik wisatawan dikarenakan panorama pantainya yang indah.

Kenapa harus kesini?

Bagi sobat yang memiliki hobi memancing, harus mengunjungi pantai Ulee Lheue, destinasi satu ini selalu ramai akan para fisher mania yang akan setia menemani sobat memancing.selain merupakan tempat pelabuhan dan tempat untuk memancing, kalian juga dapat menikmati sunset yang memukau di lokasi ini. Selain itu banyaknya kuliner laut yang disediakan pedagang disekitaran pantai juga membuat magnet sendiri di pantai Ulee Lheue ini. Kawasan ini selalu ramai di setiap harinya khususnya pada sore hari,

Bagaimana cara kesini?

lokasi pantai sendiri tidak begitu jauh yaitu hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Banda Aceh tepatnya di kecamatan Meuraxa Banda Aceh.

3. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk merupakan destinasi yang selalu ramai dikunjungi masyarakat Aceh, terutama pada akhir pekan, pemandangan yang indah dan kejernihan air merupakan ciri khas dari pantai ini.

Kenapa harus kesini?

Disini sobat dapat bersantai dan juga menikmati panorama pantai yang indah. Selain itu sobat juga dapat menikmati kuliner sea food yang dijual di sekitaran pantai dengan harga yang relatif terjangkau. Selain untuk berenang lokasi ini juga sangat bagus untuk berselancar (surfing), dikarenakan ombak-ombak dipantai ini yang relatif tinggi dan besar. Nah apabila sobat suka berselancar, destinasi satu ini juga wajib kamu kunjungi apabila berkunjung ke Aceh.

Bagaimana cara kesini?

Pantai lampuuk berlokasi di kecamatan kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh besar, sobat dapat menuju kesini melewati jalur Banda Aceh-Calang.

4. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Pantai Iboih
Pantai Iboih merupakan pantai yang sangat jernih yang berada di pulau sabang, pantai yang merupakan salah satu world's most berautiful beaches ini berada di pulau Sabang.

Kenapa harus kesini?

Pantai Iboih merupakan pantai yang sangat eksotis yang dapat sobat kunjungi, selain sobat dapat menikmati diving, sobat juga dapat berwisata senorkeling. berselancar, berenang, dan naik sampan. yang paling menarik di pantai ini memiliki terumbu karang yang sangat eksotis apabila sobat menyelam di Iboih kalian akan menyaksikan surga di bawah laut yang tidak dapat dilihat di pantai manapun. tidak hanya itu, ditempat ini juga banyak disediakan akomodasi seperti Hotel, dan pondok penginapan dengan harga yang beragam. Selain itu disini juga terdapat fasilitas seperti pusat kegiatan menyelam, rumah jaga, pusat cenderamata, restoran dan lain lain.

Bagaimana cara kesini?

Wisata Aceh Yang Wajib Dikunjungi
Surga Bawah Laut Iboih
Untuk mencapai lokasi ini apabila dari Banda Aceh, sobat harus menaiki kapal cepat yang bisa ditempuh dari pelabuhan Ulee Lheue sekitar kurang lebih 45 menit menuju pulau Sabang, setelah sampai di pelabuhan Balohan (Sabang) kalian harus melalui jalan darat menuju lokasi pantai Iboih sekitar kurang lebih 40 menit.

5. Museum Tsunami

Museum Tsunami
Museum Tsunami
Museum tsunami Aceh dibuat untuk mengenang kejadian tsunami pada tahun 2004 silam dan juga sebagai pusat edukasi bencana serta sebagai area evakuasi tsunami apabila terjadi bencana serupa, museum Tsunami ini dirancang oleh Ridwan Kamil dengan mengusung konsep "Rumoh Aceh Escape Hill".

Apa yang unik dari sini?

Wisata Aceh Yang Wajib Dikunjungi
Ruangan Dalam Museum Tsunami
Didalam Museum Tsunami terdapat ruangan-ruangan yang di desain agar pengunjung dapat merasakan sensasi bencana tsunami seperti lorong lorong yang sempit dan juga lembab yang dapat memberikan euphoria pada saat terjadi peristiwa tsunami dan juga dalam museum ini terdapat daftar nama-nama korban yang meninggal pada peristiwa tsunami silam. nah, apabila sobat ingin merasakan sensasi bencana Tsunami, tidak ada salahnya berkunjung ke destinasi yang satu ini.
Wisata Aceh Yang Wajib Dikunjungi
Ruangan Dalam Museum Tsunami

Bagaimana cara kesini?

Untuk mencapai lokasi museum Tsunami sobat dapat menuju ke jalan Sultan Iskandar Muda Banda Aceh (depan Lapangan Blang Padang).

6.Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer
Tugu Nol Kilometer
Tugu Nol Kilometer atau juga yang disebut Monumen Nol Kilometer merupakan monumen awal kilometer di Indonesia yang menjadi pertanda wilayah paling ujung bagian barat Indonesia.

Kenapa harus kesini?

Disepanjang jalan menuju lokasi tugu, sobat akan dimanjakan oleh pemandangan yang asri dan indah disepanjang perjalanan. Apabila sobat berkunjung ke destinasi ini, sobat dapat mendapat sertifikat bukti telah menginjakan kaki di nol kilometer Indonesia. Menarik bukan :)

Bagaimana cara kesini?

Lokasi Tugu Nol Kilometer tepatnya terletak di hutan wisata Desa Iboih Ujong Ba'u. Lokasi tugu dapat ditempuh sekitar 30 menit dari kota sabang dengan menggunakan mobil, bus, ataupun sepeda motor sekitar 30 menit dari pusat kota Sabang. 

7. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah

Sobat, apabila sobat menyukai senorkeling atau diving , pulau Rubiah merupakan destinasi wajib yang harus sobat kunjungi ketika berkunjung ke Aceh. Pulau yang dulunya bekas benteng pertahanan zaman penjajahan Jepang ini ternyata menyimpan keindahan laut yang mempesona.

Kenapa harus kesini?

Disini sobat dapat berenang bersama berbagai jenis ikan tropis seperti dan menikmati keindahan biota bawah lautnya yang beraneka ragam. ditambah lagi dengan kejernihan dari air laut di Pulau Rubiah yang membuat liburan kalian tidak akan terlupakan. bagi sobat yang ingin melakukan aktifitas Diving ataupun Senorkeling tidak usah bingung sobat karena disini terdapat penyewaan peralatan Diving/Senorkeling. Walaupun bukan pulau yang dihuni oleh penduduk namun terdapat akomodasi di pulau ini yang dapat sobat sewa per malamnya dengan harga yang relatif terjangkau.
Wisata Aceh Yang Wajib Dikunjungi
Surga Bawah Laut Rubiah

Bagaimana cara kesini?

Lokasi pulau Rubiah berada sebelah barat pulau Sabang, untuk menuju kesana sobat harus menyeberang dari pelabuhan Sabang menuju Pulau Rubiah dengan menggunakan kapal Boat dengan lama perjalanan kurang lebih sekitar 30 menit.


Nah, itulah beberapa tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Aceh. Ayo, tunggu apa lagi sobat..lekas angkat tas mu ;)

Terima kasih sobat telah mengunjungi artikel tempat tempat wisata di Aceh ini :)
Pengunjung yang baik tinggalkan komentar :)

Related Posts:

4 Responses to "Tempat-Tempat Wisata di Aceh"

  1. Semoga ada rezeki agar bisa berwisata di Aceh ini.

    BalasHapus
  2. Weleehhh... om agung buka usaha jd agen traveler aja om... kayak agen agen karimun jawa... hahaha
    Manteppplaaahhh pokokeeee 😄
    Doakeun Istika bisa maen ke sana yahhh... 😁

    BalasHapus