Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, kota ini juga dijuluki kota Pahlawan dikarenakan kegigihan dari masyarakat Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan penjajah. Nama Surabaya sendiri berasal dari kata sura/suro (ikan Hiu) dan baya/boyo (Buaya)yang diangkat dari mitos pertempuran antara Hiu dan Buaya yang akhirnya menjadi cikal bakal nama kota Surabaya. Terlepas dari sejarah dan kepahlawanannya Surabaya juga menyimpan pesona wisata yang sangat menakjubkan, apa sajakah tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi? mari kita simak ulasan berikut:

1. Jembatan Suramadu

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu merupakan ikon yang sangat terkenal dari kota Surabaya, jembatan yang mulai dibangun pada tahun 2003 ini berdiri di atas perairan selat Madura dan menghubungkan antara pulau Jawa (Surabaya) dengan Madura. Dengan panjang 5.438 m jembatan ini secara sah menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Kenapa harus kesini?

Selain menjadi jembatan kebanggaan dari masyarakat Surabaya jembatan ini juga menawarkan keindahan yang luar biasa khususnya pada malam hari, sobat dapat menikmati keindahan hiasan lampu yang mengelilingi tiap sudut jembatan Suramadu, pada sekitaran jembatan juga terdapat banyak kuliner yang dapat dinikmati baik oleh pengendara dan juga masyarakat yang melewati jembatan ini.

Bagaimana cara kesini?

apabila sobat ingin berkunjung atau sekedar melintas kesini, Jembatan Suramadu ini berada di jalan Tol Suramadu Jawa Timur

2. Tugu Pahlawan

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Tugu Pahlawan
Tugu Pahawan yang terdapat di Surabaya merupakan monumen yang berbentuk lingga setinggi 41.15 meter yang dibangun untuk mengenang sejarah akan keberanian dan kegigihan para pahlawan pahlawan Surabaya dalam pertempuran memperjuangkan kemerdekaan pada pertempuran 10 November. 

Kenapa harus kesini?

Tugu Pahlawan ini akan terlihat lebih megah dan indah pada malam hari, apabila sobat datang berkunjung kesini dan menatap dengan hening ke arah tugu maka sobat akan dapat merasakan kobaran semangat dari para pejuang pejuang kita. Selain bentuknya yang megah, pada bagian belakang Tugu Pahlawan ini sobat juga dapat melihat museum 10 November yang memiliki koleksi benda benda peninggalan perjuangan Arek arek Suroboyo , seperti diorama perjuangan mempertahankan Surabaya, Naskah pidato Bung Tomo, senjata, dan perlengkapan lainnya yang digunakan dalam perjuangan para pahlawan dalam pertempuran 10 November. 

Bagaimana cara kesini?

Tugu Pahlawan ini dapat sobat temukan di jalan Pahlawan Kelurahan Alun alun Contong Kecamatan, Surabaya (Kantor Gubernur Jawa Timur).

3. House Of Sampoerna

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
House of Sampoerna
House of Sampoerna atau yang juga dikenal dengan Rumah Tua Sampoerna pada awalnya merupakan panti asuhan yang dibangun oleh Belanda, namun pada tahun 1932 bangunan ini berubah fungsinya menjadi pabrik rokok. dan akhirnya barulah pada tahun 2003 bangunan ini resmi menjadi museum hingga sekarang.

Apa yang unik disini?

House of Sampoerna memiliki bentuk bangunan unik, apabila kita amati akan terlihat bangunan bergaya klasik era Romawi dan Yunani, dengan tiang tiang menyerupai rokok. Pada bangian museum ini terdapat empat ruangan utama yaitu ruang ruangan auditorium utama, ruangan produksi di belakang auditorium dan dua tempat tinggal keluarga yang terletak sebelah barat museum, pada bagian timur museum dapat dijumpai kafe, kios dan galeri seni. Selain fungsi utamanya sebagai museum tetapi disini sobat juga dapat melihat langsung proses pembuatan rokok yang berlangsung setiap harinya pada Senin sampai Sabtu, dikarenakan lahan belakang bangunan masih dijadikan tempat pembuatan rokok. Tidak hanya itu sobat, House of Sampoerna juga memiliki fasilitas Surabaya Heritage Track (fasilitas berkeliling Surabaya) secara gratis pada jam 09.00-10.00 Wib, 13.00-14.00 Wib, dan 15.00-16.00 Wib. Karena keunikan inilah House of Sampoerna menjadi salah satu primadona wisata di Surabaya.

Bagaimana cara kesini?

Lokasi House of Sampoerna dapat sobat temukan di jalan Taman Sampoerna No. 6 Krembangan , Pabean Cantikan Surabaya.

4. Kebun Binatang Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Kebun Binatang Surabaya
Kebun binatang Surabaya yang dibangun pada tanggal 31 Agustus 1916 pada awal mulanya bernama "Soerabiasche Planten-en Dierentuin" ini merupakan destinasi yang wajib sobat kunjungi ketika berada di Surabaya , kebun binatang ini juga merupakan salah satu kebun binatang paling besar dan populer di Indonesia.

Kenapa harus kesini?

Selain memiliki koleksi 351 spesies dan 2000 hewan hidup serta beberapa hewan langka yang dilindungi sehingga pernah menjadikan kebun binatang Surabaya sebagai kebun binatang terlengkap se Asia Tenggara, dan yang lebih membuat kebun binatang ini harus sobat kunjungi adalah karena di depan kebun binatang Surabaya ini berdiri patung "Suro Boyo" atau patung Hiu dan Buaya yang menjadi maskot dari kota Surabaya. Harga tiket masuk ke lokasi kebun binatang juga sangat murah hanya Rp. 15.000,- per orangnya dan kebun binatang Surabaya dapat sobat kunjungi setiap hari dari jam 08.00 Wib sampai 17.00 Wib.

Bagaimana cara Kesini?

Kebun binatang sangat mudah dijumpai karena berada di pusat kota Surabaya, tepatnya di jalan Setail No. 1 Surabaya dan berdekatan dengan terminal Joyoboyo.

5. Gedung Internatio

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Gedung Internatio
Gedung Internatio atau juga yang bernama lain Internationale Crediten Handelvereeniging ini di bangun pada tahun 1929 oleh Johan Lowrens Ghijsels. Selain indah bangunan tua yang sekarang berada di lokasi padat dengan aktifitas masyarakat ini juga menjadi saksi sejarah pertempuran Arek arek Suroboyo melawan tentara sekutu. Apabila sobat berkunjung kesini, kalian mungkin akan dapat membayangkan bagaimana pertempuran gagah berani yang di lakukan pejuang pejuang kemerdekaan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang terjadi di sekitaran Gedung Internatio.

Bagaimana cara kesini?

Gedung ini terletak di jalan Heerenstraat dan Wilemsplein atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Surabaya dengan sebutan jalan Jayengrono, untuk dapat kesana sobat dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. 

6. Taman Bungkul 

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Taman Bungkul
Taman Bungkul merupakan taman kota yang sangat indah di kota Surabaya, taman yang memiliki area hijau dan pernah mendapat penghargaan internasional ini juga memiliki banyak fasilitas yang dapat membuat pengunjung lebih betah untuk berlama lama menghabiskan waktu disini

Kenapa harus kesini?

Taman ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti akses wiffijogging track, dan juga taman bermain untuk anak anak yang dapat membuat sobat betah berlama lama untuk menghabiskan waktu santainya bersama teman maupun keluarga. Taman ini juga selalu ramai dikunjungi masyarakat khususnya warga Surabaya sendiri, baik yang ingin berolahraga maupun untuk sekedar bersantai di sore hari. Di taman Bungkul juga sering diadakan acara ataupun festival seperti acara kebudayaan Jawa Timur, festival musik, dan acara lainnya. Apabila sobat lelah setelah berolahraga di taman ini, jangan takut sobat karena di area belakang taman terdapat aneka macam kuliner murah dan lezat yang dapat kalian santap.

Bagaimana cara kesini?

Taman Bungkul ini berlokasi di pusat kota Surabaya, tepatnya dapat sobat temukan di jalan Raya Darmo Surabaya. 

7. Pantai Kenjeran


Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Pantai Kenjeran
Pantai Kenjeran merupakan wisata alam berupa pantai yang dapat sobat kunjungi di Surabaya, pantai ini selalu ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Liburan kepantai memang selalu menyenangkan apalagi merasakan sejuknya hembusan angin, pasir putih dan juga deburan ombaknya, akan sangat menyenangkan sekali.

Kenapa harus kesini?

di Pantai Kenjeran sobat dapat menikmati keindahan pantai ditambah fasilitas fasilitas yang sangat bagus dikarenakan pengelolaan yang baik di lakukan di pantai ini sehingga menjadi nilai tambah, disini juga terdapat kolam renang dan sarana bermain bagi anak anak sehingga menjadikan tempat ini sangat cocok untuk tempat liburan keluarga di akhir pekan. Pantai Kenjeran sendiri terbagi dua wilayah, yaitu pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Di Pantai Kenjeran Lama sobat ditawarkan keindahan pemandangan laut dan deburan ombak serta pasir putih. Sedangkan di Pantai Kenjeran Baru walaupun tidak memiliki pasir putih dan di selimuti lumpur tetapi disini sobat dapat menikmati keindahan sunset dan di pantai Kenjeran Baru juga terdapat bangunan bangunan unik disekitaran pantainya. 

Bagaimana cara kesini?

Pantai Kenjeran berlokasi di Jawa Timur, tepatnya di kecamatan Kenjeran, Surabaya yang hanya berjarak 9 km dari pusat kota Surabaya.

8. Rumah Batik

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Rumah Batik
bagi sobat yang menyukai Batik, Rumah Batik merupakan destinasi belanja yang tepat untuk kalian kunjungi, rumah yang didirikan oleh Faiqah Ismail ini memiliki koleksi batik hingga 2000 lembar dengan berbagai motif dan ragam. Rumah batik juga telah dianugerahi penghargaan oleh rekor MURI . Disini selain untuk berbelanja batik, sobat juga dapat belajar mengikuti kursus membuat batik tulis oleh ahlinya. Rumah Batik ini dapat sobat kunjungi setiap hari dari jam 08.00 Wib hingga pukul 20.00 Wib.

Bagaimana cara kesini?

Sobat dapat menemukan rumah batik yang ber alamat di Jalan Tambak Dukuh I No. 4 Surabaya, sobat dapat kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

9. Monumen Kapal Selam 

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam, atau juga yang biasa dikenal dengan sebutan Monkasel oleh masyarakat Surabaya, merupakan museum kapal selam yang sudah tidak asing lagi di Surabaya. Kapal Selam yang memiliki panjang 76.6 m dan lebar pada monument ini dulunya merupakan kapal selam RI Pasopati 410 yang di buat di Vladi wostok Rusia pada tahun 1952 serta kapal selam ini juga pernah ikut dengan gagahnya menyertai  perjuangan bangsa Indonesia di laut Aru untuk pembebasan Irian Barat. Maka dari itu, monument kapal selam ini dibangun untuk mengenang perjuangan pahlawan maritim Indonesia.

Kenapa harus kesini?

Tidak hanya melihat kapal selam, bahkan disini sobat juga dapat menyaksikan pemutaran film yang membawa imajinasi sobat ikut ke dalam pertempuran di laut Aru. Selain itu disini sobat juga dapat menikmati fasilitas hiburan lainnya seperti Kolam Renang, dan panggung live music

Bagaimana cara kesini?

Monumen ini dapat sobat temukan di jalan Pemuda No 39 Genteng, Surabaya (disebelah Plaza Surabaya) dan buka setiap hari dari pukul 08.00 Wib sampai 22.00 Wib.

10. Patung Buddha Empat Wajah

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Patung Budha Empat Wajah
Patung Buddha empat wajah merupakan patung Budha yang sangat terkenal di Surabaya. Patung Buddha dengan warna emas dan setinggi 9 meter ini memiliki 4 wajah dan 8 buah tangan, selain itu patung Buddha ini juga memiliki kemiripan dengan patung Buddha Tao Maha Phrom yang berada di Altar Erawan, Bangkok, Thailand.

Keunikan apa yang ada disini?

Apabila sobat berkunjung kesini, kalian dapat menyaksikan keindahan dan kemegahan dari patung Buddha yang membuat seakan akan kita sedang berada di Thailand ataupun Vietnam. Delapan tangan yang dimiliki Buddha melambangkan kehadiran dan kekuatan. satu dari tangan kanan memegang dada, sedangkan di tiga tangan kanan yang lain memegang cupu berisi air suci, tongkat kebesaran dan cakram. Sedangkan empat Wajah Buddha tersebut melambangkan murah hati, adil,mengasihi, dan meditasi. Jadi, tidak usah jauh jauh sobat menikmati keeksotismean patung Buddha, di Surabaya juga tidak kalah megahnya dengan yang ada di luar negeri. Selain itu dari sini sobat juga dapat menikmati sunset dikarenakan lokasi patung Buddha empat wajah sendiri berada di area Pantai Kenjeran (9 Km dari pusat kota Surabaya), dan juga untuk memasuki lokasi ini tidak dipungut biaya loh sobat, Menarik bukan?

Bagaimana cara kesini?

Lokasi Patung Buddha berada di wilayah pantai Kenjeran, kalian dapat berkunjung ke patung Buddha empat wajah sambil menikmati pantai yang berada di kecamatan Kenjeran ini sobat.

11. Hutan Mangrove Wonorejo

Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik
Hutan Mangrove Wonorejo
Hutan Mangrove Wonorejo merupakan lokasi wisata yang saat ini sedang booming saat ini. Hutan yang merupakan rumah bagi spesies 147 burung, dan juga 12 spesies satwa dilindungi ini berada di desa Wonorejo Surabaya.

Kenapa harus kesini?

Disini sobat dapat berpetualang melihat langsung kehidupan satwa tersebut dengan welewati jembatan kayu, tidak hanya itu sobat juga dpat melihat ikan ikan indah yang ada di kolam yang terdapat di area hutan mangrove dengan menggunakan perahu. Dan yang tidak kalah menariknya lagi disini tersedia aneka makanan sea food segar yang langsung ditangkap dari kolam di hutan tersebut, jadi sehabis lelah berpetualang mengelilingi kawasan hutan mangrove sobat dapat langsung mencicipi hidangan lezat yang tersedia di tempat ini.

Bagaimana cara kesini?

Hutan Mangrove Wonorejo berlokasi di Desa Wonorejo Surabaya, sekitar 5 Km dari Kawasan Pondok Nirwana Surabaya, sobat dapat menuju kelokasi hutan mangrove dengan menggunakan mobil ataupun sepeda motor.

Demikian sobat beberapa tempat wisata di Surabaya yang menarik dan wajib kalian kunjungi. Jika kalian berkunjung ke Surabaya, jangan lupa kunjungi tempat tempat wisata diatas sobat :)



Related Posts:

15 Responses to "Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik Untuk Dikunjungi"

  1. baru tau di surabaya ada patung budha 4 wajah. surabaya itu kental dengan history nya.. perjalanan historis di surabaya pasti lebih greget. salah satunya, ke tugu pahlawan itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget bang jev, memang Surabaya terkenal dengan sejarah kepahlawanannya :)

      Hapus
  2. Jadi pengen ke surabaya nih mas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dong ke surabaya mbak lia..seru loh heheh :)

      Hapus
  3. wah, banyak tempat wisatanya ya di surabaya. nanti aku mampir kesini kalo lagi jenguk adik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beruntung banget adiknya punya kakak perhatian hehe. Ia nih selvy harus mampir yah dijamin bagus tempatnya :)

      Hapus
  4. Duuuh, dari sekian tempat menggiurkan buat dikunjungi itu, baru pernah main ke Taman Bungkul aja XD

    BalasHapus
  5. wah yang belum kesampean ke taman bakaunya hehe mantapd ah SBY....

    BalasHapus
  6. Wah pas nih infonya. Kalo jadi, besok mau ke surbay..
    Kalo jadi. Ngarep jadi sih..

    BalasHapus
  7. Harus jadi dong ratu, kalau ga jadi rugi :)

    BalasHapus
  8. Harus jadi dong ratu, kalau ga jadi rugi :)

    BalasHapus
  9. http://obatjakarta.co.id/2016/02/agen-jual-obat-kuat-v9-ampuh/ http://obatjakarta.co.id/2016/01/obat-pengental-sperma-semenax/ http://obatjakarta.co.id/2016/02/agen-obat-perkasa-maxman-herbal/ http://obatjakarta.co.id/2016/02/new-jual-cialis-80mg-tadalafil/ http://obatjakarta.co.id/2016/01/new-viagra-kuda-bola-api-asli-usa/ http://obatjakarta.co.id/2016/01/obat-kuat-new-sony-herbal/ http://obatjakarta.co.id/2016/01/obat-pengental-sperma-semenax/ http://obatjakarta.co.id/2015/12/agen-jual-obat-kuat-viagra-asli-cod-di-jakarta/

    BalasHapus
  10. Makasih gan infonya kunjungi balik ya web kami

    BalasHapus