Tempat Tempat Wisata di Palembang

Tempat Wisata Yang Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi di Kota Palembang

Tahukah sobat, selain Bumi Sriwijaya, Kota Palembang juga memiliki julukan yang diberikan oleh orang asing sebagai Venice of The East (Venice dari Timur), selain itu, kota ini merupakan kota ke-dua terbesar di sumatera setelah kota Medan. Selain terkenal dengan makanan khas empek-empek nya, kota ini juga menyimpan berbagai tempat wisata yang sangat menarik dan wajib kita kunjungi

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera
Jembatan Ampera merupakan ikon bagi kota Palembang, jembatan yang membelah sungai Musi ini memiliki panjang 1.117 m yang menghubungkan antara seberang ulu dan seberang ilir. Jembatan Ampera sendiri apabila dilihat langsung dari dekat sangatlah megah, terlebih pada malam hari, apabila sobat berkunjung ke sini, akan terasa nuansa Sumatera Selatan yang sangat kental, sehingga wisatawan yang berkunjung dari luar palembang menjadikan lokasi wisata yang satu ini sebagai daftar teratas tempat wisata yang akan dikunjungi apabila berkunjung ke Palembang. Selain itu disekitar Jembatan Ampera juga terdapat pasar tradisional yang menjual aneka oleh-oleh khas Sumatera Selatan.

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak
Benteng yang berada di Jalan Sekanak Kota Palembang ini berlokasi tidak jauh dari Sungai Musi, Benteng ini juga merupakan peninggalan bersejarah dari kesultanan Palembang yang dibangun pada tahun 1780. Hingga saat ini, Benteng Kuto Besak merupakan bangunan benteng bersejarah kebanggaan rakyat palembang, sobat dapat menikmati keindahan benteng yang megah ini terutama pada malam hari, dan sobat juga mempelajari tekstur bangunan pada zaman kerajaan Palembang. Untuk memasuki benteng ini sobat juga tidak dikenakan biaya asalkan sobat dapat menjaga kebersihan serta tidak mencoret-coret bangunan bersejarah ini.

Sungai Musi

Sungai Musi
Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera, dengan panjang sungai yang mencapai 750 km sungai Musi juga menjadi ciri khas tempat wisata di Sumatera Selatan. Disekitaran sungai Musi terdapat banyak Cafe dan tempat-tempat untuk bersantai, lokasi ini juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan pemandangan sungainya yang indah, selain itu sobat juga dapat melihat sunset dari sungai Musi yang indah.

Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang
Mesjid Agung Palembang yang juga dikenal dengan nama Masjid Agung Sultan Mahmud Baddarudin I ini berlokasi di jalan Jend. Sudirman, dibangun pertama kali pada tahun 1738 dan dirancang oleh arsitek Eropa Selain tempat ibadah sobat juga dapat berwisata di masjid ini dikarenakan bentuk  dengan bentuk bangunan yang mencampur adukkan antara bentuk arsitektur China, Eropa, dan Indonesia yang menjadikan keunikan dari masjid ini. 

Gelora Sriwijaya Stadium

Gelora Sriwijaya Stadium
Gelora Sriwijaya Stadium atau yang juga dikenal dengan stadion Jakabaring ini merupakan stadion terbesar ke-3 di Indonesia dan juga merupakan markas dari Sriwijaya FC. Bagi sobat yang menyukai olahraga sepak bola, harus berkunjung untuk melihat euphoria ketika menonton pertandingan bola di stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan ini. Harga tiket pertandingan di stadion ini pun baragam mulai dari Rp.15.000,- hingga Rp.100.000 untuk VVIP.

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro
Pulau Kemaro merupakan pulau yang berjarak sekitar 6 kilometer dari 6 kilometer dari jembatan Ampera, pulau ini memiliki pagoda yang sangat indah di tengah tengah pulaunya sehingga sering dikunjungi oleh umat Budha untuk beribadah, selain itu dipulau ini juga terdapat makam pangeran Tan Bun An dan Siti Fatimah, yang menurut cerita rakyat bahwa dipulau ini juga terdapat pohon langka "Pohon Cinta" yang menjadi legenda kisah cinta antara pangeran Tan Bun An dan Siti Fatimah, konon apabila pasangan menuliskan nama di pohon tersebut maka hubungan mereka akan berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Bagaimana sobat, ingin mencobanya dengan pasangan anda?

Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak
Taman yang berada di antara jalan Tasik dan jalan Sutomo ini merupakan salah satu tempat favorit warga Palembang untuk bersantai di sore hari. Di taman yang memiliki luas sekitar 5 hektar ini juga terdapat air mancur di tengah tengah taman dan juga ikan hias di kolamnya, namun sobat dilarang untuk mengambil ikan ikan hias tersebut.

Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah terletak di Kecamatan Dempo, Kota Pagar Alam, Palembang. Untuk menuju ke lokasi ini sobat harus menempuh perjalanan sekitar 5 jam dari kota Palembang. Namun, jarak yang jauh dari pusat kota akan terbayarkan oleh panorama air terjun yang sangat indah dan kejernihan air terjunnya yang memiliki tinggi hingga 40 meter. Tiket masuk ke lokasi air terjun ini juga sangat murah yaitu Rp.1000,- per orangnya , tetapi hindari berkunjung ke lokasi ini di musim penghujan ya sobat, yaitu diantara bulan September hingga Januari. 






Itulah sobat beberapa informasi mengenai tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi. Terima kasih sudah membaca artikel ini sobat. Pengunjung yang baik tinggalkan komentar :)




















































Related Posts:

2 Responses to "Tempat Tempat Wisata di Palembang"