Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi


Kota Jakarta merupakan kota yang terbesar di Indonesia, Ibu Kota Indonesia yang seperti tidak berhenti akan kesibukan warganyanya ini ternyata juga menyimpan banyak tempat wisata yang dapat sobat kunjungi yang tidak kalah menarik dengan lokasi wisata lainnya di Indonesia. dimana sajakah tempat wisata di Jakarta yang dapat sobat kunjungi

Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional
Jika sobat berkunjung ke Jakarta, pastilah belum lengkap rasanya kalau belum mengunjungi Monumen Nasional atau yang dikenal dengan sebutan Monas. Monas merupakan monumen yang terletak di jalan Pelataran Merdeka (lapangan merdeka) Jakarta Pusat ini di rancang oleh arsitek asli Indonesia yaitu Soedarsono, Frederich Silaban, dan Ir. Rooseno. Monumen sendiri memiliki tinggi 132 meter (433 kaki) bentuk Monas melambangkan lingga dan Yoni (kesatuan dan keharmonisan) yang berarti persatuan dan keharmonisan dari Bangsa Indonesia sedangkan emas pada puncak Monas melambangkan kobaran api (semangat) bangsa dalam mencapai kemerdekaan. Pada bagian dasar monumen, sobat dapat mengunjungi Museum Nasional, museum yang memiliki luas 80x80 meter ini memiliki diorama yang menceritakan sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia mulai dari masa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit hingga sampai masa Orde Baru (G30S PKI). Selain menikmati monumen dan sejarah perjuangan bangsa, sobat juga dapat bersantai menikmati taman dan air mancur yang terdapat disekitar Monas dan juga tempat ini terlihat lebih indah pada malam hari dikarenakan lampu lampu yang menghiasi membuat monumen terlihat semakin gagah. Monumen Nasional buka setiap harinya, apabila sobat ingin naik ke pelataran puncak sobat harus membayar Rp.7.500,-(dewasa) dan Rp.3.500,- (anak).

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah
Apabila sobat ingin berkeliling Indonesia dalam satu hari, disinilah tempatnya, taman yang berdiri di atas tanah seluas 150 Ha ini menampilkan anjungan yang memproyeksikan kehidupan kebudayaan dari daerah di seluruh Indonesia mulai dari propinsi Aceh hingga Papua. Pada setiap anjungan dapat melihat pakaian adat, senjata, busana pernikahan, serta kerajinan tangan tiap tiap daerah. Selain itu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga terdapat Bangunan Keagamaan (Masjid Pangeran Dipoenegoro, Gereja Khatolik Santa Chatarina, Gereja Protestan Haleluya, Pura Penataran Agung Kertabhumi, Kuil Konghucu Kong Miao, Wihara Arya Dwipa Arama,Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa), Taman (Taman Apotek Hidup, Taman Burung, Taman Bekisar, Taman Ria Atmaja Park, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Melati, Taman Kaktus,Taman Anggrek, Taman Bunga Keong Emas), Museum (Museum Indonesia, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Transportasi, Museum Olahraga, Museum Pusaka, Museum Penerangan, Museum Telekomunikasi, Museum Perangko, Museum Komodo dan Taman Reptil, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Serangga dan Taman Kupu Kupu, Museum, Museum Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Museum Suku Asmat, Museum Timor Timor), Selain wisata edukasi di Taman Mini Indonesia Indah juga terdapat sarana rekreasi (Istana Anak Anak Indonesia, Taman Among Putro, Kereta gantung, Kolam Renang Snow Bay, Desa Wisata) serta disini juga terdapat Teatre (Teatre Imax Keong Emas, Teatre Tanah Airku, Teater 4D). Apabila sobat ingin berkunjung kesini lokasi Taman Mini Indonesia Indah terdapat di jalan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Pulau Seribu

Pulau Seribu
Thousand Island atau yang kita kenal dengan sebutan Pulau Seribu merupakan ratusan pulau yang yang berada di sekitaran Teluk Jakarta yang membentuk Pulau Seribu, Lokasi ini dapat ditempuh kurang lebih selama 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan kapal melalui Pelabuhan Muara Angke, Pelabuhan Ancol Marina atau Muara Kamal. Beberapa pulau yang terkenal yang berada di Pulau Seribu adalah Pulau Ayer, Pulau Sepa, Pulau Tidung, dan lain lain.  Apabila sobat berkunjung ke Pulau Seribu, sobat tidak akan mengira kalau pulau ini berada sangat dekat dengan Jakarta dikarenakan eksotisme dan keindahan dari Pulau Seribu tersebut.  Di pulau ini kita dapat melakukan aktivitas Senorkeling, berenang, dan juga Diving. Untuk sobat yang ingin berlibur ke Pulau Seribu, disini banyak disediakan akomodasi dan paket wisata dengan harga terjangkau.

Puncak Bogor

Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Puncak merupakan area wisata alam favorit yang berada dekat dengan Jakarta, lebih tepatnya di daerah Bogor. Selain wisata Alam, Wisata Puncak Bogor ini memberikan panorama wisata alam yang begitu indah dikarenakan lokasi Puncak Bogor berada pada wilyah pegunungan sehingga sobat dapat merasakan sejuknya udara pegunungan sekaligus menikmati pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Di Puncak Bogor juga terdapat berbagai macam tempat wisata lainnya yang menunjang seperti Taman Safari, Kebun Bunga, Masjid Atta’awun. Apabila sobat berkunjung kesini, di kawasan ini juga terdapat fasilitas fasilitas seperti hotel, café, karaoke, dan villa yang dapat disewa.

Kota Tua

Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Bagi sobat yang menyukai tempat peninggalan sejarah, maka sobat wajib mengunjungi Kota Tua,  ditempat ini terdapat banyak bangunan bangunan bersejarah, terutama yang identik pada masa pemerintahan Belanda, sehingga arsitektur bangunan Belanda terlihat sangat mencolok di tempat ini, walaupun beberapa perbaikan bangunan sering dilakukan namun keaslian bentuk bangunan masih tetap dipertahankan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, baik untuk sekedar hunting foto, berkeliling dengan menggunakan sepeda onthel, ataupun hanya sekedar bersantai menikmati keindahan Kota Tua. Kota Tua sendiri memiliki luas sekitar 846 hektar ini wilayahnya berada di sebagian Jakarta Utara dan sebagian di Jakarta Barat, di dalam wilayah Kota Tua terdapat 5 museum yaitu Museum Bank Indonesia, Museum fatahillah, Museum Wayang, Museum bank Mandiri, dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Selain menikmati museum kawasan ini juga memiliki sajian kuliner seperti Café Batavia yang memiliki pesona café pada zaman Belanda.

Taman Impian Jaya Ancol

Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Taman Impian Jaya Ancol merupakan objek wisata yang terletak di Jakarta Utara dan mulai di bangun pada tahun 1966 ini memiliki luas sekitar 552 Ha, pada kawasan ini terdapat pantai, restoran, dan juga wahana wahana wisata sehingga menjadikan lokasi ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi mereka yang berkunjung ke Jakarta. Berbagai macam rekreasi yang dapat sobat temui di Taman Impian Jaya Ancol antara lain Pantai, Taman, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudera, Sea World, Putri Duyung Cottages, Marina, Padang golf Ancol, Pulau Bidadari, Pasar Seni, Ritel, Tempat Permainan Bowling, serta Resto dan Café. Akses untuk menuju Taman Impian Jaya Ancol terbilang sangat mudah, bila sobat menggunakan kendaraan pribadi sobat bias langsung melajukan kendaraan sobat ke jalan Lodan Raya Jakarta Utara dan sobat dapat masuk melalui pintu masuk Ancol sebelah Timur atau pintu masuk Utama sebelah Barat, apalagi jika sobat menggunakan transportasi umum seperti Bussway sobat tinggal turun di tujuan akhir pemberhentian bus Trans Jakarta yang menuju Ancol.

Masjid Istiqlal

Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Masjid Istiqlal merupakan masjid yang terletak di jalan Taman Wijaya Kusuma Jakarta Pusat ini dimana dulunya lokasi itu merupakan bekas taman Wihelmina, masjid Istiqlal sendiri merupakan masjid terbesar se asia tenggara yang dapat menampung sekitar200 ribu jamaah. Bangunan masjid memiliki arsitektur islam modern dengan kubah utama memiliki diameter 45 meter dan juga memiliki 12 tiang penyangga, serta menara utama masjid ini memiliki tinggi 96,66 meter. Selain tempat beribadah dan tempat wisata religi, masjid ini juga sering dikunjungi oleh tamu tamu kenegaraan. 

Stadion Gelora Bung Karno

Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan stadion terbesar di Indonesia dan di bangun pada tahun 1960 dengan kapasitas 100 ribu orang, stadion berstandar internasional ini umumnya digunakan untuk pertandingan sepak bola baik liga lokal maupun pertandingan internasional. Selain itu stadion ini juga digunakan sebagai tempat serbaguna seperti konser musik, upacara keagamaan, bahkan kampanye partai politik. Namun stadion Gelora Bung Karno Tidak hanya untuk acara formal saja sobat tetapi area sekitaran stadion banyak dikunjungi oleh masyarakat yang ingin berolahraga, jogging, berfoto di sekitaran stadion, bahkan disini juga banyak menjadi tempat berkumpulnya komunitas komunitas di Jakarta. Selain itu di sekitaran stadion Gelora Bung Karno juga banyak terdapat jajanan jajanan daerah seperti Ketoprak, Siomay, Bakso, dan lain lain. Jadi selain bisa berwisata sobat juga dapat berolah raga dan menikmati kuliner disekitaran stadion. Cukup menarik bukan?

Gereja Katedral Jakarta

Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Gereja Katedral Jakarta merupakan gereja yang terletak di jalan Bantaeng (di depan Masjid Istiqlal) ini memiliki gaya aksitektur negotik dengan menara menara yang tinggi sehingga menimbulkan kesan ke kokohan dari bangunan gereja tersebut. Selain digunakan untuk beribadah umat Khatolik, gereja ini juga banyak dikunjungi sebagai tempat wisata bagi pengunjung yang ingin mengabadikan gambar bersama keindahan bangunan gereja. Di Gereja Katedral Jakarta juga terdapat museum yang dapat dikunjungi untuk umum, isi dari museum juga merupakan benda benda bersejarah yang berhubungan dengan peninggalan Khatolik seperti peralatan ibadat, perabotan ibadat, buku ibadat, lukisan, dan foto-foto. Museum Gereja Katedral Jakarta buka pad hari senin, rabu, dan jumat dari pukul 10.00 Wib sampai 12.00 Wib. Apabila sobat ingin berwisata religi sambil mempelajari sejarah Khatolik di Indonesia, ini merupakan tempat yang wajib untuk sobat kunjungi.

Kebun Binatang Ragunan

Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Bagi sobat yang menyukai pesona alam dan satwa satwa di dalamnya, maka sobat wajib mengunjungi Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang seluas 140 hektare ini memiliki koleksi 295 spesies dan 4040 spesimen binatang. Kebun Binatang Ragunan yang terletak di jalan Harsono No 1 Pasar Minggu Jakarta selatan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terlebih lagi pada akhir pekan baik dalam maupun mancanegara. Di dalam Kebun Binatang ragunan juga sobat dapat berwisata menunggangi gajah, menunggangi Kuda, menunggangi Unta, dan mengendarai sepeda Angsa di kolam. Selain itu harga tiketnya pun terbilang sangat murah yaitu Rp.3000,-untuk anak anak dan Rp 4000,- Untuk dewasa. Disini juga terdapat area konservatif Orangutan, apabila sobat ingin melihat dan berinteraksi lebih dekat dengan Orangutan sobat dapat sekalian berkunjung ke area ini. Untuk masuk ke area ini sobat harus menambah uang tiket sebesar  weekday Rp 6000,- dan weekend Rp. 7500,-. Bagaimana sobat? berminat berwisata sambil berpetualang bersama satwa secara lebih dekat?

Nah itulah sobat beberapa destinasi menarik di jakarta yang dapat sobat kunjungi. Terima kasih sudah berkunjung sobat :)

Related Posts:

0 Response to "Tempat Wisata Di Jakarta Yang Menarik Untuk Dikunjungi"

Posting Komentar